SPS (Senipah - Peciko - South Mahakam)

Selamat pagi bloggers...

Ini post pertama saya di Agustus, rada telat sih soalnya saya baru kembali dari program OJT di Total E&P Indonesie.

Nah.. post saya kali ini ga jauh - jauh dari OJT saya tadi, kali ini saya akan menceritakan tentang salah satu daerah operasi dari Total E&P Indonesie, yang pernah saya tinggali kurang lebih dua minggu dalam program OJT saya yang lalu, yaitu SPS.

Spoiler: artikel kali ini banyak singkatannya, soalnya Total E&P Indonesie emang suka banget menggunakan singkatan untuk menyebut unit, daerah, atau jabatan sekalipun

SPS terdiri dari tiga daerah yaitu Senipah - Peciko dan South Mahakam. SPS merupakan teminal pemrosesan dan pengiriman gas dan minyak mentah yang dioperasikan oleh Total E&P Indonesie. Dulu sebelum South Mahakam dieksploitasi, SPS bernama BSP (Bekapai - Senipah - Peciko). Sekarang nama Bekapai termasuk dalam daerah Senipah.

Citra Satelit dari SPS (capture Google Earth)

SPS terletak di kelurahan Senipah, kecamatan Samboja, kabupaten Kutai Kartanegara. Daerah ini bisa ditempuh dengan jalur darat dari Balikpapan sekitar 1.5 jam. Bisa juga via udara yaitu dengan menggunakan Helikopter yang hanya 10 - 15 menit dari Balikpapan. SPS berada di bibir pantai kalimantan yang berbatasan lansung dengan selat Makassar di sebelah timurnya.

SPS ini terdiri dari tiga daerah, nah saya kana menjelaskan masing masing daerahnya satu persatu:

Senipah

Daerah Senipah ini sudah menjadi area operasi Total E&P Indonesie sejak tahun 1976, tepatnya untuk menjadi terminal pengiriman minyak mentah yang berasal dari lapangan minyak Handil dan Bekapai untuk dikirimkan ke tangker. Senipah merupakan daerah operasi khusus pengolahan minyak mentah yang dimiliki oleh Total E&P Indonesie. Di daerah Senipah ini terdapat 3 fasilitas proses utama yaitu: TPA (Terminal Processing Area), CSU (Condensarte Stabilization Unit), dan TLA (Terminal Loading Area).

Fasilitas TPA yang berada di daerah operasi Senipah - SPS
Fasilitas CSU yang berada di daerah operasi Senipah - SPS
Fasilitas TLA yang berada di daerah operasi Senipah - SPS
Foto saya saat berada di salah satu sudut TPA

TPA merupakan fasilitas untuk memproses minyak mentah yang berasal dari lapangan minyak Handil dan Bekapai. Setelah diproses di TPA akan disimpan di TLA. Di TLA, terdapat storage tank yang diperuntukkan untuk tiga produk liquid yang dihasilkan Total E&P Indonesie. Produknya yaitu: BCO (Bekapai Crude Oil), HMC (Handil Mix Crude), dan SCD (Senipah Condensate). Nah, produk SCD sendiri berasal dari CSU yang merupakan fasilitas untuk menstabilkan Condensate yang berasal dari lapangan gas Tatun (Tambora Tunu) dan PPA (salah satu fasilitas daerah Peciko yang akan dijelaskan di bawah).

Peciko

Daerah Peciko merupakan dareh pemrosesan gas alam yang ada di SPS. Peciko sendiri terdiri dari dua fasilitas utama yaitu PPA (Peciko Processing Unit) dan sumur gas Peciko off-shore yang terletak di selat Makassar.

Sumur gas Peciko merupakan sumur gas off-shore yang mulai di eksploitasi tahun 1999 oleh Total E&P Indonesie. Sumur gas Peciko ini terdiri dari platform - platform yang tersebar di daerah Peciko
Platform - platform yang tersebar di dareah sumur gas Peciko dan hubungan pipa yang menuju SPS (dari presentasi SPS)
Foto saya di MWP-A
Nah, kalo PPA sendiri adalah tempat pemrosesan gas alam yang berasal dari sumur gas Peciko dan sumur gas South Mahakam. PPA sendiri awalnya berfungsi sebagai proses dehidrasi gas alam yang akan dikirimkan menuju Bontang agar kandungan airnya hilang dan tidak terbentuk adanya hidrat selama berada pipeline. Sekarang PPA dilengkapi dengan unit kompresi untuk menaikkan tekanan gas yang akan dikirimkan karena kondisi sumur gas yang semakin turun tekanannya.

Fasilitas TPA yang berada di daerah operasi Peciko - SPS

South Mahakam

South Mahakam merupakan daerah operasi dari Total E&P Indonesie yang terbaru. South Mahakam atau yang bisa disingkat SMK baru dieksploitasi pada tahun 2010 lalu. Sama seperti sumur gas Peciko, SMK terdiri atas platform - platform yang tersebar di daerah sumur gas off-shore SMK.

Main Stupa Platform di lapangan gas South Mahakam

Nah.. itulah sedikit gambaran tentang SPS, bloggers sekalian juga bisa baca tentang suasana akomodasi di SPS di posting "Suasana SPS Camp" atau bagi yang pengen tau tentang site Total Indonesie lainnya bisa di postingan "CPU Tambora". Oke, cukup sekian... jika bloggers ada yang pernah dan punya pengalaman menjadi pengunjung SPS atau bahkan pekerja di sana, atau yang ingin bertanya silahkan membaginya di kolom komentar, terima kasih :)

Hints: Post - post saya selanjutnya tentang OJT saya di Total E&P Indonesie, baik tentang gambaran umum, proses, ataupun suasana selama OJT, stay tune guys ;)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SPS (Senipah - Peciko - South Mahakam)"

Post a Comment